BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS »
zwani.com myspace graphic comments
Myspace Welcome Comments & Graphics

kEeP sMile,,,,!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!,,,

Jumat, 21 Januari 2011

LAPORAN KEGIATAN KAMPANYE / OPERASI SIMPATIK



HIDUP SEHAT TANPA ASAP ROKOK DI ANGKUTAN KOTA
KELUARGA MAHASISWA STIKES KOTA SUKABUMI
Sekretariat: Kampus STIKesMi, Jl. Karamat No. 36 Sukabumi 43122
Telp. (0266) 210215, Fax. (0266) 223709

Kesehatan sebagai hak asasi manusia dan salah satu unsur kesejahteraan yang menjadi tanggung jawab setiap orang, keluarga dan masyarakat serta didukung oleh pemerintah. Undang-undang RI Nomor.36 Tahun 2009 tentang Kesehatan mengamanatkan Pembangunan Kesehatan ditujukan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya, sebagai investasi bagi pembangunan sumber daya manusia yang produktif secara sosial dan ekonomis. Untuk itu upaya kesehatan harus ditingkatkan secara terus menerus untuk memelihara dan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. dalam bentuk pencegahan penyakit, peningkatan kesehatan, pengobatan penyakit dan pemulihan kesehatan.
Setiap orang berhak untuk memperoleh pelayanan kesehatan, lingkungan yang sehat dan informasi serta edukasi tentang kesehatan yang seimbang dan bertanggungjawab. Setiap orang juga berkewajiban berperilaku Hidup Bersih dan Sehat serta menjaga dan meningkatkan derajat kesehatan bagi orang lain yang menjadi tanggung jawabnya.
Oleh karena itu, dalam rangka peringatan Hari Kesehatan Nasional Ke-46 Tahun 2010 makna tema untuk kembali menggalang komitmen dari para pengambil keputusan, kelompok profesi kesehatan, organisasi kemasyarakatan, praktisi dan akademisi bidang kesehatan masyarakat untuk saling mendukung dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, khususnya peningkatan mutu dan kapasitas keluarga Indonesia.
Melalui Hari Kesehatan Nasional (HKN) yang selalu diperingati pada tanggal 12 November menjadi momentum untuk meningkatkan semangat , kepedulian, komitmen dan gerakan nyata pembangunan kesehatan yang harus terus diperjuangkan oleh seluruh komponen bangsa.
Gerakan nyata yang dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan Kota Sukabumi untuk memperingati Hari Kesehatan Nasional ini diantaranya dengan mengadakan kegiatan dalam bentuk kampanye / operasi simpatik di ankutan kota, dimana kegiatan tersebut merupakan wujud dari Peraturan Walikota No. 3 Tahun 2007 tentang kendaraan umum yang bersih, higenies dan bebas asap rokok.
Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kota Sukabumi merupakan salah satu elemen di masyarakat dimana dalam Tri Dhrma Perguruan Tinggi terdapat unsur pengabdian diri kepada masyarakat, maka sebagai salah satu perguruan tinggi kesehatan di Kota Sukabumi STIKes Kota Sukabumi berkewajiban mendukung kegiatan kamapanye / operasi simpatik tersebut guna meningkatkan pengetahuan, wawasan dan partisipasi masyarakat.
Dalam rangka Hari Kesehatan Nasional ke – 46 tahun 2010, kegiatan ini memiliki tujuan diantaranya :
  1.  Meningkatkan derajat kesehatan masyarakat setinggi-tingginya.
  2.  Meningkatkan kesdaran masyarakat tentang hidup sehat, bersih dan higienis tanpa asap rokok diangkutan umum.
  3.  Mengkampanyekan dan merealisasikan Peraturan Walikota No. 3 tahun 2007 tentang kendaraan umum yang bersih, higienis dan bebas asap rokok.

TEMA KEGIATAN : Keluarga Sehat, Investasi Bangsa
NAMA KEGIATAN : Kampanye / Operasi Simpatik Hidup Sehat Tanpa Asap Rokok di Angkutan Kota

Peserta kegiatan Kampanye / Operasi Simpatik adalah :
  1. Dinas Kesehatan Kota Sukabumi
  2. Polres Kota Sukabumi
  3. Dishub Kota Sukabumi
  4. Pol PP Kota Sukabumi
  5. Kesbang Kota Sukabumi
  6. Diskoperindag Kota Sukabumi
  7. Perekonomian Pemda Kota Sukabumi
  8. Infokom Kota Sukabumi
  9. Radio Megaswara
  10. RSUD Syamsudin
  11. RSI Assyfa
  12. RS Kasrtika
  13. RS Rido Galih
  14. RS Secapa
  15. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kota Sukabumi
  16. UMMI
  17. Yapkesbi
  18. Puskesmas Selabatu
  19. Puskesmas Sukabumi
  20. Puskesmas Cipelang
  21. Puskesmas Karang Tengah
  22. Puskesmas Pabuaran
  23. Puskesmas Sukakarya
  24. Puskesmas Benteng
  25. Puskesmas Tipar
  26. Puskesmas Nanggeleng
  27. Puskesmas Gedong Panjang
  28. Puskesmas Baros
  29. Puskesmas Limus Nunggal
  30. Puskesmas Cibereum Hilir
  31. Puskesmas Cikundul
  32. Puskesmas Lebur Situ

WAKTU DAN TEMPAT KEGIATAN
Hari / Tanggal       : Jum’at, 12 November 2010
Waktu                  : 08.30 WIB s/d Selesai
Tempat                 : Lapang Olah Raga Dinas Kesehatan Kota Sukabumi
                                Jln. Suryakencana No. 45 Sukabumi.
 
Kegiatan dimulai dengan Pembukaan yang dibuka oleh ketua pelaksana Hari Kesehatan Nasional ke-46 tahun 2010 dengan membagi kelompok ditiap titik lokasi, menjelaskan mekanisme kegiatan dan membagi semua perlengkapan yang diperlukan.
Para kelompok yang sudah dibagi tadi kemudian berangkat sesuai titik lokasi yang trelah ditentukan yaitu dibagi di lima titik diantaranya :
  • 1.        Kimia Farma
  • 2.       Depan SMA MY
  • 3.       Serbang Toserba Slamet
  • 4.       Ramayana
  • 5.       Pertamina
Setelah sampai di lokasi setiap kelompok memasang sapanduk yang berisi tentang kegiatan Hari Kesehatan Nasional ke-46 tahun 2010 yaitu kampanye / operasi simpatik “Hidup Sehat Tanpa Asap Rokok di Angkutan Kota. Dan membagikan liflet, menempelkan stiker, membagikan pin, dan mematikan rokok apabila ada penumpang atau supir yang sedang merokok di angkutan kota serta memberikan permen sebagai pengganti rokok. Tak lupa kelompok meberikan promosi kesehatan tentang bahaya asap rokok dan merokok serta memamparkan tentang Peraturan Walikota No. 3 tahun 2007 tentang kendaraan umum yang bersih, higiensis dan bebas asap rokok.
Kegiatan kampanye / operasi simpatik dilaksanakan selama 2 jam dan berakhir dengan penutupan di lapangan Olah Raga Dinas Kesehatan Kota Sukabumi.
 
rekan-rekan seperjuangan kegiatan tersebut sangat membuat saya senang disamping menambah pengalaman saya pun merasakan bagaimana masyarakat merespon segala kegiatan yang dilakukan, respon mereka sangat beraneka ragam...ada yang merespon positif dan negatif,,sangat lucu ketika ada penumpang atau supir yang merokok di angkutan kota,,dengan tak ada sedikit pun rasa takut kita semua menghimbau agar mematikan rokoknya,,heuheu...respon mereka ada yang langsung mematikan rokoknya dan ada pula yang menggerutu terlebih dahulu,,,memang manusia itu sangat unik ya???? :D tapi yang saya tahu membuat masyarakat sadar akan kesehatan itu sangat susah,jangankan kepada orang lain diri sendiri ataupun keluarga terdekat pun harus memutar otak agar mereka mau menerimanya,,sedikit pengalaman itu semoga membuat pembaca blog saya bertambah ilmunya ya....oia saya termasuk mahasiswa yang menggunakan kendaraan umum untuk pergi kemana-mana..stelah kegiatan itu dilaksanakan hanya sebagian kendaraan dan masyarakat yang tidak merokok dikendaraan umum...so ternyata hal yang kita lakukan hanya sedikit mengingatkan saja,sisanya kemauan dan keinginan dari diri masing-masing yang mau merubah sikapnya lah yang sangat besar pengaruhnya.... HIDUP SEHAT TANPA ROKOK ya,!!!!!!